Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana (BPPS)
Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Anda pengunjung ke :
24296463
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Biosain
Ketua Prodi: Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si
Website : http://www.pasca.uns
Email : s2biosain.uns@gmail.com

Pengantar

Indonesia adalah salah satu negara mega biodiversitas, dengan kekayaan bioresource yang mampu menopang hajat hidup masyarakatnya. Akan tetapi untuk memanfaatkan potensi tersebut diperlukan pendekatan biologi modern, dalam hal ini diperlukan pengembangan Biologi Molekuler. Program Studi Biosain dirancang untuk memberikan bekal yang cukup untuk mengoptimalkan nilai biodiversitas melalui pendekatan Biologi Molekuler.

Mengingat bahwa pendidikan yang bermutu semakin dibutuhkan untuk semua lapisan masyarakat Indonesia bahkan di tingkat global maka perlu dikembangkan sistem informasi tentang  profil dari program Studi Biosain. Sejalan dengan perkembangan sistem informasi modern maka diperlukan sosialisasi secara online agar dapat diakses secara cepat dan meluas bagi semua stakeholder.

Visi

Visi Program Studi Biosain program Pascasarjana UNS adalah menjadi pusat studi dan pengembangan biodiversitas yang unggul di tingkat Nasional dan Internasional.

Misi

Misi Program Studi Biosain PPs UNS adalah sebagai berikut :

1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan fokus dalam bidang biodiversitas

2. Menyelenggarakan penelitian bidang biodiversitas, khususnya pada tingkat gen dan spesies

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang telah dilaksanakan dalam bidang biodiversitas

Fasilitas

Sarana dan prasarana proses belajar-mengajar terpusat di kampus UNS Kentingan dengan fasilitas meliputi:

(1) ruang perkuliahan ber-AC ditunjang dengan sarana multimedia,

(2) akses perpustakaan, hotspot dan langganan e-journal,

(3) laboratorium Biologi modern yang dilengkapi alat-alat canggih seperti PCR, Ultra Centrifugal, SEM, HPLC, alat-alat elektroforesis untuk DNA, protein (enzim) maupun senyawa lainnya, peralatan mikroskopik dan kebun/kandang percobaan.

Profil Pengajar

Tenaga dosen di Program Studi Biosain berjumlah 19 orang, semuanya mempunyai kualifikasi akademik sangat baik (100%) telah bergelar Doktor dan ada 7 orang (36,84%) memegang jabatan Guru Besar. Dosen-dosen direkrut dari berbagai disiplin ilmu dan lembaga/unit kerja yang relevan dengan Biosain, antara lain: FMIPA, FKIP, FKedokteran, FPertanian UNS Surakarta yang telah memiliki pengalaman mengajar cukup lama dan menguasai bidang Biologi murni maupun terapannya.

Kerjasama

Program Studi Biosain telah melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga penelitian terdekat semisal Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional di Tawangmangu, Museum Purbakala di Sangiran, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit di Salatiga, dan lembaga penelitian lainnya.

Lapangan Kerja

Dengan kompetensi sebagai peneliti maka alumni Program Studi Biosain diberi bekal untuk mampu bekerja di lembaga pendidikan, lembaga penelitian, instansi pemerintah maupun perusahaan berbasis bioresource.

Alumni

Alumni Program Studi Biosain telah menunjukkan kinerja yang membanggakan. 90% Alumni Program Studi Biosain bekerja sebagai tenaga pengajar.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Magister Biosain diharapkan dapat menjadi peneliti handal yang memiliki keunggulan dalam penguasaan konsep dan keterampilan pengembangan profesionalisme dalam menghadapi dan memecahkan masalah berbasis sumberdaya hayati ke depan, serta mempunyai kesiapan yang cukup untuk mengikuti program pendidikan yang lebih tinggi (S3).

Prestasi Mahasiswa

Prestasi mahasiswa Program Studi Biosain dapat dilihat dari banyaknya mahasiswa yang ikut serta dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (P2M) yang dilaksanakan oleh dosen. Selain itu juga ada beberapa mahasiswa Biosain yang mendapatkan beasiswa dari BPPS, PEMDA ataupun dari instansi lainnya.



Peta Lokasi

 
 

Download Formulir Pascasarjana:
  1. Formulir Lamaran S-2 (Magister)
  2. Formulir Lamaran S-3 (Doktor)
  3. Persyaratan S-2 (Magister)
  4. Persyaratan S-3 (Doktor)

 
 
16-04-2014 , 10:46:54
Perubahan Tempat Ujian SPMB Program Pascasarjana Gelombang II Tahun 2014
Dirubah dari Gd. Auditorium UNS ke Gd. Ungu FKIP UNS
Selengkapnya >>


19-03-2014 , 00:00:00
PERSYARATAN JURUSAN SLTA DAN FISIK JALUR SNMPTN 2014 YANG MEMILIH UNS

Selengkapnya >>


05-02-2014 , 14:20:58
Pre-Test EAP bagi Mahasiswa yang Lulus Matrikulasi SPMB S-1 Transfer 2013
Dilaksanakan hari selasa, 11 Februari 2014
Selengkapnya >>


17-01-2014 , 10:18:10
Perubahan Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II/Matrikulasi SPMB Transfer S-1 Tahun 2013

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008-{tahun_sekarang} spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda